Product :

Template Information

MP3 player merusak telinga

Semakin sering kita baca di majalah kedokteran dan dengar di media, berita tentang meningkatnya angka kerusakan pendengaran pada orang muda. Hal ini banyak diasosiasikan dengan kebiasaan mendengarkan musik yang lama dengan volume keras dari MP3 player.



Akibat kontak langsung dan lama dengan musik bervolume keras, dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada pendengaran manusia. Kerusakan pendengaran susah untuk ditolong. Kerusakan pendengaran akibat bunyi atau suara keras tidak sama seperti berkurangnya pendengaran pada orang usia lanjut, tetapi akibatnya memiliki banyak persamaan.





MP3 player

MP3 player pada prinsipnya adalah penerus dari walkman dan discman. MP3-player yang paling populer ukurannya kecil seperti telefon seluler dan dapat memainkan musik 10 jam tanpa henti. Alat ini biasanya tidak begitu mahal dan banyak anak muda yang memiliki alat tersebut.





Kerusakan pendengaran tidak disebabkan oleh MP3 player sendiri, tetapi oleh pemakaian dari earphones. Berbeda dengan headphones, earphones dimasukkan ke dalam lubang telinga, dimana suara kedengarannya lebih keras. Untuk bisa mendengar lebih jelas orang mudah MP3 player tergoda untuk memperbesar volume.


Kerusakan pendengaran
Kerusakan pendengaran terjadi biasanya karena kontak langsung dan lama dengan musik keras atau karena suara letusan yang sangat keras dari dekat. Orang-orang yang bekerja di lingkungan yang ribut (seperti di lapangan udara, sirkuit dan di ruang mesin) diharuskan untuk memakai pelindung telinga. Untuk keributan sesaat setiap orang harus melindungi telinga dengan tangan mereka.


Bunyi normal yang ditoleransi oleh telinga manusia berkisar sekitar 65 decibel (dB). 85 dB dianggap sudah merugikan telinga anda. 114 dB selama 1 menit sudah bisa menyebabkan kerusakan pendengaran. Model lama MP3-player bisa memproduksi suara sampai 135 dB!



Membatasi kerusakan pendengaran

* Beli MP3 player yang mempunyai batas suara sampai sekitar 95 dB, sebagian besar produsen besar membangun pembatas suara dalam model-model baru mereka. Dalam undang-undang di Eropa ditetapkan bahwa bunyi tidak boleh lebih dari 100 dB.
* Sisipkan banyak istirahat jika anda menggunakan earphones.
* Jangan gunakan earphones yang dalam.
* Pasang volume lebih rendah dari yang anda inginkan.
* Jangan memperkeras musik anda untuk menyaingi suara lain.
* Lindungi telinga anda dengan tangan anda jika ada letusan keras atau gunakan pelindung telinga jika anda harus bekerja intensif di tempat yang tingkat kebisingannya tinggi




Tag : Info
0 Komentar untuk "MP3 player merusak telinga"

Orang yang Berpikiran Kritis akan berkomentar apa yang Telah Dibacanya...

hehe Pisss...

Catatan :
Komentar anda tidak akan langsung muncul, tunggu di moderasi dulu ya...

Thank's

Back To Top